-->

Senin, 29 November 2021

Bencana Terbesar Yang Pernah Terjadi di Bumi

 


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Halo Sob, kita pasti sudah pernah merasakan bencana alam entah itu skala kecil sampai dengan skala yang lebih besar ataupun wabah penyakit yang sering kita rasakan mulai dari flu sampai wabah penyakit terbesar pada 2 tahun terakhir ini yaitu wabah Covid-19. Namun ternyata bumi yang menjadi tempat tingggal kita ini, zaman dahulu pernah mengalamai berbagai macam bencana yang menyebakan musnahnya jutaan nyawa makhluk hidup serta mengubah kondisi alam. Wabah penyakit juga turut berkontribusi dalam perubahan kondisi bumi, disebabkan masih belum majunya ilmu kodekteran pada masa tersebut. Mari kita bahas bencana apa saja dalam sejarah yang menyebabkan bumi dalam bahaya.


1. Kepunahan Dinosaurus


Ilustrasi kepunahan dinosaurus (dok: pixabay)

Menurut teori  asteroid yang dikemukakan oleh Luiz Alvarez beserta anakanya Walter Alvarez seorang ahli geologi  bahwa dinosaurus punah disebabkan oleh jatuhnya asteroid dari sabuk utama tata surya yang menghantam bumi pada 65 juta tahun lalu. Alvarez mengemukakan dalam National Geographic bahwa ditemukan zat iridium yang berasal dari asteroid pada lapisan kapur dimana tempat fosil dinosurus ditemukan. Asteroid yang jatuh ke bumi diperkirakan sepanjang 10 kilometer dengan laju kecepatan 20km/detik. sangat cepat ya sob kecepatan dari asteroid tersebut. Asteroid tersebut menabrak daaerah meksiko dan membuat kawah besar. Efek dari tubrukan itu menyebabkan gempa bumi besar, selanjutnya diikuti oleh tsunami dengan tinggi sekitar 300 M lalu menenggelamkan makhluk di bumi. Tubrukan tersebut juga memicu asap dan senyawa sulfur yang naik ke atmosfir, tentu saja hal ini menyebabkan awan memiliki banyak senyawa berbahaya. Awan-awan itu akhirnya menutupi bumi menyebabkan bumi sangat dingin karena cahaya matahari tidak bisa memasukinya dan akhirnya bumi menjadi dingin ditambah dengan hujan asam tanpa henti sehingga 70% populasi makhluk bumi mati.

2. Letusan Gunung Toba


Gunung Toba adalah gunung super vulcano yang satu-satunya berada di daerah asia tenggara, jika gunung super vulcano meledak akan menghasilkan kekuatan 8-9 skala VEI. Gunung Toba terletak diantara 3 lempeng dunia yaitu lempeng eurasia, indoautralia, dan pasifik.Sejarah dari meletusnya gunung ini mungkin tidak tercatat di buku sejarah namun terdapat bukti perihal peristiwa ini. Gunung Toba pernah meledak 3 kali pada 840.000 tahun lalu yang mengakibatkan terbentukanya kaldera di selatan Danau Toba, ledakan kedua terjadi 500.000 tahun lalu dan membentuk kaldera di utara, ledakan ketiga terjadi 74.000 tahun lalu, ledakan ketiganya disebut sebagai ledakan super vulcano terdahsyat yang tercatat selama 2 juta tahun terakhir ini. Letusan inimengakibatkan pulau sumatra tertutup abu tebal dari ujung timur sampai barat, banyaknya abu yang dimuntahkan sebesar 28000 kilometer kubik, abu ini menutupi lautan hindia sampai laut arab dan sebagian samudra pasifik. Ledakan ini mengakibatkan dampak besar ke bumi karena atmosfir bumi terkena dari aerosol asam sulfat mengakibatkan musim dingin yang panjang karena cahaya matahari tidak bisa menembus atmosfir bumi. 

3. Letusan Gunung Tambora


Gunung Tambora (dok: pinterest)

Letusan Gunung Tambora pada 10 April 1815 menjadi salah satu letusan terdahsyat 10.000 tahun terakhir dalam peradaban manusia, letusan tersebut masuk kedalam skala 7 dari 8 skala maksimal. Saat Gunung Tambora meletus suara dari germuruhnya terdengar dari jawa, ternate sampai sumatra, banyak orang yang mengira suara tersebut adalah suara dari meriam yang ditembakkan, perayaan pernikahan putri nyi roro kidul, sampai menganggap suara itu adalah suara pasukan jin dan arwah leluhur yang pergi ke nirwana   Letusan ini menyebabkan 1/3 tubuh dari tambora hancur, magma yang dikeluarkan sekitar 50-150 kilometer kubik menghasilkan kubah kolosal 50km serta mengakitkan terjadinya tsunami di penjuru laut jawa. Iklim dunia mengalami perubahan seperti pada tahun 1816 tidak adanya musim panas, debu yang menutupi atmosfer menimbulkan anomali temperatur sehingga temperatur turun 3 derajat, turunya suhu mengimbas juga terhadap hasil panen yang menurun dan menyebabkan kelaparan bagi negara-negara Eropa, Amerika,Tiongkok, India, juga penyebaran penyakit tipes dan disentri semakin cepat. Diketauhi 3 kerajaan di dekat Gunung Tambora juga mengilang dari peradaban.

4. Wabah Black Dead

Ilustrasi wabah black death (dok: pinterest)


Wabah Black Death atau yang sekarang kita ketauhi dengan sebutan PES penularanya saaat manusia tergigit oleh kutu. Dikabarkan awal mula black death berasal dari negara tirai bambu yaitu China lalu wabah ini menyebar ke benua eropa pada pertengahan abad ke 14. PAda tahun 1347 terdapat kapal yang datang dari laut hitam ke dermaga sisilia seteleah dicek isi kapal tersebut ditemukan sebagian awak kapal meninggal dengan bisul ditubuhnya, terdapat juga awak kapal yang masih hidup namun keadaanya sungguh mengenaskan tidak berlangsung lama wabah tersebut akhirnya mulai menyebar di benua eropa.

Kata black death diambil dari gejala penyakit tersebut, jika terkena penyakit tersebut kulit manusia akan mengitam, wabah ini berasal dari kutu yang hinggap di hewan pengerat seperti tikus. Penyebaran wabah yang semakin besar juga dikarnakan pada saat itu paus Gregorius IX mengatakan bahwa kucing adalah jelmaan iblis ada juga spekulasi lain yang mengatakan kucing adalah jelmaan penyihir dan membawa malapetaka jika tidak dibunuh. Dengan pemburuan dan pembunuhan besar-besaran terhadap kucing berakibat hewan pengerat seperti tikus mengalami peningkatan populasi dengan hal ini bisa dipastika  wabah black death menjadi lebih besar dan menjadi pandemi.

Tidak habis disitu, wabah black deat juga menyebabkan penyakit baru yaitu pnemonia, penyakit yang ditularkan hanya dengan menghirup hembusan udara dari yang terjangkit. Saat itu orang-orang tidak mengetauhi asal muasal dari wabah ini dan mereka akhirnya memiliki kesimpulan sendiri yang tidak berdasar bahwa penyebab wabah ini adalah orang yahudi, biarawati, dan orang asing lah penyebab semua ini. Tidak pikir panjang kaum yahudi yang hidup saat itu diburu dan dibantai habis-habisan sampai pada tahun 1351 tercatat 60  komunitas yahudi besar dan 150 komunitas yahudi kecil yang kehilangan nyawanya.


Jika berbicara tentang black death maka tidak lepas juga tentang the plague doctor, kostum dokter dengan ciri khas bentuk paruh burung pada topengnya. Bentuk paruh burung tersebut bukan sebagai hiasan namun berfungsi untuk menaruh wangi-wangian seperti mint, sari mawar, dll. The plague doctor memiliki sebutan sebagai malaikat pencabut nyawa, sebutan ini diberikan karena saat itu banyak malpraktek yang dilakukan oleh dokter-dokter tersebut. Wabah black death menewaskan populasi benua barat sebnyak 2/3 atau sekitar 75-200 juta populasi manusia di eropa meninggal. Gila nggak sob wabah ini sampe menewaskan bagitu bnyak manusia.

5. Flu Spanyol 1918

 

Flu Spanyol atau lebih dikenal pandemi flu 1918, flu ini disebabkan oleh virus influenza A dubtipe H1N1. Flu ini menyerang orang-orang yang berumur sekitar 20-40 tahun dan tidak menyerang lansia. Berlangsungnya wabah ini mulai dari 1918-1920 dengan dibagi menjadi 3 gelombang, gelombang pertama saat musim semi 1918 yang dianggap seperti flu biasa, gelombang kedua pada musim gugur 1918 saat inilah kematian meningkat drastis, gelombang ketiga pada musim dingin 1919 sampai musim semi tahun berikutnya. Wabah ini adalah yang terbesar setelah wabah black deat, wabah ini merenggut korban sebanyak 100 juta populasi manusia di seluruh penjuru dunia. Banyak spekulasi dari mana datangnya wabah ini ,ada yang mengatakan jika wabah ini berasal dari akhir perang dunia ke I namun setelah beberapa puluh tahun kemudian tepatnya 2014 ada teori yang mengatakan flu spanyol sebenarnya dimulai dari negara China. Korban terbanyak tercatat di negara India dengan 100 orang terjangkit maka 5 diantaranya meninggal.



Gimana sob pembahasan kali ini, tidak disangka ternyata bumi kita pernah mengalami banyak hal yang mengerikan ya, mulai dari bencana sampai wabah penyakit mematikan. Penyakit yang terjadi pada zaman dahulu meluas karena masih belum majunya ilmu medis berbeda dengan zaman sekarang. Semoga kita tetap dijauhkan dari hal-hal yang tidak kita inginkan ya sob.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com