-->

Kamis, 25 November 2021

Dari Generasi Mana Kalian? Generasi X, Y atau Z

 



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo Sob, Sekarang udah umur berapa aja nih. Kali ini kita akan membahas generasi peradaban pada masa ini. Sebelumnya apa itu generasi? Generasi adalah kumpulan orang yang tinggal dan lahir dalam waktu yang sama yang biasanya dibedakan pengaruh teknologi, perkembangan sosial budaya dan suasana ekonimi politik. Biasanya seseorang yang lahir dari waktu tertentu sampai waktu tertentu lainya dianggap 1 generasi. Tentunya hal ini juga membuat banyak aspek dalam kehidupan berbeda di setiap generasi berbeda-beda. Yuk kenali generasi yang kamu miliki dalam pembahasan dibawah ini.

  • Tahun Kelahiran
kue ulang tahun (dok: pixabay)

Setiap generasi memiliki waktunya tersendiri untuk lahir ke dunia ini dan hal tersebutlah sebagai penentu kalian berada di generasi mana.

1. Baby Boomers (1946-1964)
Kenapa disebut Baby Boomers karena waktu itu tingkat kelahiran manusia sangat tinggi. Kalian juga pasti tahu pada masa - masa ini banyak pertikaian politik di sekuluruh duni mulai dari perang dingin antara Amerika dan Rusia sampai masalah dalam negeri sendiri seperti munculnya paham-paham komunisme.

2. Generasi X (1965-1980)
Generasi ini lahir di dalam situasi kedua orang tua mereka bekerja sehingga jika sudah pulang ke rumah hanya sendirian atau cuma ketemu dengan pembantu. Biasanya Generasi X ini adalah orang tua dari Generasi Z.

3. Generasi Xennials (1975-1985)
Generasi ini lahir diantara  generasi X dan generasi Y jika kalian pada saat itu bisa merasakan suasana telephon menggunakan koin atau belum pernah merasakan aplikasi berbasis SMS kemungkinan kalian generasi Xennials

4. Generasi Y/ Millenial (1981-1996)
Generasi ini lahir pada era-era reformasi bagi yang tinggal di negara Indonesia

5. Generasi Z (1997-2012)
Banyak orang bilang generasi ini kadang disebut generasi micin meski begitu generasi ini lahir saat peradaban manusia sudah berkembang pesat.

6. Generasi Alpha (2013-Sekarang)
Generasi ini lahir di saat teknologi semua sudah berkembang melebihi perkembangan teknologi di generasi Z.

  • Populasi Generasi
Sekarang bumi sedang menampung manusia dengan jumlah populasi 7,6 miliyar orang yang dibagi ke dalam beberapa generasi. 
1. Generasi X dengan populasi sekitar 1,519 miliyar manusia atau sekitar 19,8% dari seluruh penduduk di bumu
2. Generasi Y/Milenial populasi sekitar 1,680 miliyar manusia atau sekitar 21,9% dari seluruh penduduk di bumi
3. Generasi Z dengan populasi sekitar 1,588 miliyar manusia atau sekitar 20,7% dari seluruh penduduk di bumi.
Dalam sensus penduduk di Indonesia tahun 2020 menyatakan bahwa penduduk di Indonesia didominasi oleh generasi Z sekitar 27,94% diikuti generasi milenial 25,87%, Generasi X sebanyak 21,88% dan per boomer sekitar 1,87%.

  • Aspek Teknologi
Teknologi radio (dok: pixabay)

1. Generasi X
Pada masa generasi ini semua perkembangan teknologi mulai dikembangkan dan banyak penemuan-penemuan tentang teknologi yang berdatangan mulai dari penemuan televisi berkabel, pembuatan video game bahkan pembuatan internet. Teknologi yang tersedia pada masa ini hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu yang memiliki banyak uang sedangkan, yang kehidupanya pas-pasan atau dibawah rata-rata akan sulit menikmati teknologi sebab itu, kebanyakan generasi x gagap akan teknologi karena mereka asing dengan teknologi. Hal ini juga memepengaruhi pola pikir generasi x tentang pekerjaan yang dianggap hanya sebatas pegawai negeri sipil atau pekerja kantoran saj.

2. Generasi Y/Milenial
Generasi ini lebih bisa dikatakan melek teknologi karena hasil perkembangan teknologi dari generasi X dilahap semua oleh generasi Y menyebabkan keterbukaan informasi lebih banyak didapat seperti politik dan ekonomi. Namun saat masa transisi dimana manusia mulai berdampingan dengan teknologi terdapat perbedaan milenial di desa atau kota, milenial di desa mungkin bisa saja gaptek teknologi karena belum meratanya informasi.

3. Generasi Z
Generasi ini lahir saat meledaknya perkembangan teknologi di seluruh dunia yang menyebabkan penyebaran informasi teknologi mulai menyeluruh di setiap penjuru dunia. Bahkan anak yang masih kecil bisa mahir mengoprasikan teknologi seeperti smartphone.

  • Sosial dan Kepribadian
1. Generasi Baby Boomer
Generasi yang lahir di dalam masa-masa tegang politik dunia kebanyakan mempunyai karakter dengan etos kerja tinggi, independen, dan fokus terhahadap tujuan. Selan itu generasi ini memiliki fokus yang tinggi,kerjasama tim, dan disiplin.

2. Generasi X
Karena lahir dalam keadaan kebanyak orang tuanya bekerja menjadikan generasi x tumbuh diluar pengawasan orang tua dan lebih berfokus kepada pencapaian. Hal ini berdapak pada sifat mereka seperti mandiri, pekerja keras, tangguh, skeptis dan perhitungan, bahkan bisa jadi pencitraan karena mungkin saja kurangnya perhatian orang tua saat kecil bisa menjadikan munculnya sifat seperti itu. 

3. Generasi Y/Milenial
Kalangan milenial yang lahir saat masa-masa transisi teknologi memiliki pengaruh kepada sifat mereka seperti lebih terbukanya denganinformasi, ambisius dan terkadang galau dalam pekerjaan, maksudnya mereka sangat mudah berganti  pekerjaan yang berbeda beda. Meskipun begitu generasi ini adalah generasi yang tekun dan efisien dalam bekerja.

4. Generasi Z
Generasi Z yang lahir dalam perkembangaan gila-gilaan teknologi juga berdampak kepada sifat mereka seperti melek teknologi, suka bersosialisasi, dan cepat belajar. Dalam hal pekerjaan mereka memiliki sifat yang kompetitif dan kreatif, kekreatifan ini timbul karena akses mudah yang mereka dapatkan dari teknologi. Dalam memilih pekerjaan biasanya mereka memilih pekerjaan yang indidualistik seperti menjadi photographer, vlogger, wirausaha ataupun youtuber.



Setiap generasi yang ada memiliki perbedaan dan keunggulan tersendiri ya sob. Kita juga dapat meniru perilaku dari generasi sebelum kita karena generasi sebelum kita sudah sering mengalami asam pahit dalam perjalanan hidup atau karirnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com