-->

Selasa, 23 November 2021

Jangan Ciptakan Teknologi Ini Demi Kelangsungan Peradaban

 


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo Sob, pada kali ini kita akan membahas hal yang menarik nih, yaitu tentang teknologi yang tidak boleh diciptakan di masa depan. Seiring perkembangan zaman pasti semakin banyak pula gagasan-agagsan atau ide yang dimiliki semua orang terlebih lagi ke arah teknologi. Dalam kehidupan ini pengaruh teknologi terhadap kehidupan kita amat sangat berjasa karena mempermudah dan mempercepat segala urusan yang kita hadapi. Namun seiring berkembangnya teknologi pasti terdapat efek samping dari teknologi tersebut. Salah satu contohnya seperti kejahatan cyber. Kejahatan ini timbul karena pesatnya pertumbuhan jaringan komunikasi di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. 

Teknologi digunakan untuk banyak hal mulai dari kepentingan pribadi, politik, sosial bahkan militer. Teknologi akan menjadi bencana untuk umat manusia jik dipergunakan ke arah yang salah. Meskipun tujuan penciptaan teknologi terbarukan itu untuk kepentian baik manusia tetap saja ada orang yang menyalahgunakan. Jika hal tersebut terjadi bisa mengakibatkan pelanggaran hukum, merusak alam, bahkan bisa terjadi perpecahan antar umat manusia dan mengakibatkan peperangan.

Lalu teknologi apa saja yang memiliki potensi untuk membahayakan kehidupan manusia, yuk kita bahas.

1. Teknologi AI

Ilustrasi AI (dok: pixabay)

    AI singkatan dari Artificial Intelligence atau biasa keita sebut dengan kecerdasan buatan sekarang banyak negara-negara maju sudah mulai bersaing dalam pengembangan AI. Memang teknologi ini jika dikembangakan akan sangat membantu manusia karena merekan mimiliki pemikiran persis seperti manusia namun, perlu dipertimbangkan lagi jika teknologi AI dibuat karena teknologi itu bisa berpikir sendiri dan tidak bisa dikontrol bukankah hal ini akan membawa umat manusia kedalam kehancuranya sendiri. Meskipun AI sudah diprogram, besar kemungkinan juga dia bisa mengalami error sistem dalam datanya dan dapat menyerang manusia sewaktu-waktu. Gimana sob, masih pingin punya teknologi kayak doraemon.

2. Senjata Biologis

Ilustrasi senjata biologis (dok: pinterest)

Peperangan yang terjadi di bumi sudah tidak terhitung jumlahnya, mulai dari masa sebelum masehi sampai sesudah masehi. Dalam perang kedua pihak dituntut untuk saling mengungguli satu sama lain entah berupa pasukan ataupun senjata. Seiring peradaban manusia maju senjata-senjata yang dibuat mulai semakin berbahaya. Salah satunya jika manusia berhasil membuat senjata bilogis yang tidak terlihat oleh mata, tidak ada rasa, tidak ada bau dan tidak ada suara. Pembentukan senjata ini bisa diawali dengan eksperimen tentang virus atau pun pantogen yang dikembangkan secara khusus untuk menyerang manusia. Senjata ini bisa menjadi pedang bermata dua oleh si pembuat karena bisa saja virus yang digunakan senjata tersebut malah menginfeksi sekutunya. Mengerikan ya sob, kasihan orang yang tidak punya salah apapun bisa terkena serangan ini. 

3. Senjata Nano
    


Senjata selanjutnya yang ditakuti adalah senjata dengan berukuran nano. Senjata dengan ukuran ini dikendalikan dari jarak jauh untuk menghancurkan markas atau tempat musuh dijarak yang jauh. Jika barang ini disalahgunakan akan sulit untuk mengakap pelaku tersebut. Saat senjata ini mulai menyerang akan susah menyerang balik karena ukuranya yang kecil dan bisa membelah menjadi banyak bagian.

4. Pembekuan Cryogenic

Ilustrasi Pembekuan Cryogenic (dok: pinterest)

Pernahkan kalian ingin hidup abadi dan tidak terkena penyakit apa pun. Teknologi yang bisa menciptakan kondisi tersebut adalah pembekuan cryogenic, caranya dengan kalian dimasukkan ke suatu wadah dan dibekukan oleh suhu yang rendah dengan begitu kalian telah menunda kematian. Sebenarnya alat ini digunakan untuk kepentingan medis, contohnya saat ada seseorang yang terkena penyakit dan belum ada obat penawar dia bisa dibekukan dahulu dan dicairkan setelah obat penawar ditemukan. Yang menjdi masalah jika banyak orang menggunakan pembekuan ini maka populasi di bumi akan meningkat karena kurangnya kematian dari manusia. Ada yang mau nyoba kalau benda ini ada?.  

5. Mobil Terbang

Ilustrasi Mobil Terbang (dok: pinterest)

Kalian pasti pingin dong punya kendaraan pribadi contohnya seperti mobil terbang. Memang mobil terbang bisa mengakali kemacetan yang terjadi di muka bumi tapi bagaimana cara menangani aturan lalu lintas untuk mobil terbang? itu akan menjadi permasalahan baru lagi. Dengan banyaknya pengguna mobil terbang tentunya juga meningkatkan kecelakaan yang terjadi. 


Gimana sob nggak semua teknologi yang kita harapkan bisa memberikan hasil positif. Bahkan dapat menyebabkan bencana yang kita tidak inginkan. Jadi jika ingin membuat suatu penemuan baru maka harus dilakukanya riset terlebih dahulu.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.





Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

1 comments:

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com