-->

Minggu, 21 November 2021

Selain Christopher Colombus, Ini Dia Penjelajah Laut Yang Terkenal Pada Masanya

² 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sob kita tau bahwa bumi ini luas banget wilayahnya, bumi saja memiliki luas sekitar 510,1 juta kilometer² tentu saja dengan wilayah yang sebesar ini terdapat manusia yang memiliki keingintauhan besar tentang wilayah atau tempat yang ada di dunia ini. Akhirnya mereka melakuakan penjelajahan dengan berbekal kapal dan kompas mereka mengarungi lautan samudra demi melihat dunia baru yang belum ditemukan. 


Salah satu penjelajah yang mengubah dunia adalah Christoper Colombus, pencapaian luar biasa yang ia dapatkan adalah saat dia menemukan benua baru yaitu Amerika tepatnya amerika Selatan pada tahun 1948 itulah yang dicatat oleh sejarah, namun sebenarnya sebelum Christoper Colombus sudah ada orang yang menemukan benua ini yaitu kaum Norse dari Norwegia, katanya benua Amerika ditemukan dahulu oleh viking? Jadi gini sob, viking itu adalah pedagang atau penjelajah bahkan perampok yang bersal dari suku Norse. Jadi jangan salah paham lagi ya sob tentang suku viking ini.


Selanjutnya mari kita bahas tentang penjelajah laut yang terkenal selain Christoper Colombus

 1. Vasco da Gama

Vasco da Gama (Dok: Wikipedia)

Vasco da Gama adalah seorang yang berkebangsaan portugal dia dilahirkan sekitar tahun 1460 di Sines. Da Gama adalah seorang yang menemukan wilayah india dengan menggunakan rute laut, dia menyusuri pantai timur Afrika  yang belum pernah dipetakan oleh siapa pun. Perjalanan da Gama ini sangat panjang pada tanggal 2 Maret 1498 dia berhenti sejenak di Gama, Pulau Mozambik dan pada bulan selanjutnya ia berhenti di Malindi saat pemberentihan inilah da Gama menemukan navigator Gujarat yang mengetauhi tute untuk sampai ke Calicut.  Setelah perjalanan yang lama  akhirnya perjalanan yang dia tempuh selama ini membuahkan hasil ia sampai ke Calicut, India pada tanggal 20 Mei 1498.


Da Gama melakukan perjalanan tersebut karena Raja Immanuel 1 menugaskan untuk menemukan tanah india yang merupakan daerah penghasil rempah-rempah melewati jalur laut. Namun setelah sampai di india dia gagal untuk memberikan kesan baik portugal kepada pemimpin calicut, akhirnya dia pulang dengan hanya membawa rempah-rempah. Dalam perjalanan pulang kapal-kapal yang dipimpin da Gama hanya menyisakan 2 buah saja , 1 kapal dihancurkan karena terkena badai lautan. Sesampainya di Portugal da Gama disambut sebagai pahlawan oleh orang-orang. Dengan perjalanan yang dilakukan da Gama yang menemukan rute untuk ke Asia, hal tersebut secara tidak langsung menjadi awal mula kolonisasi bangsa barat terhadap bangsa Asis.


2. Marco Polo

Marco Polo (Dok: Wikipedia)

Marco Polo lahir pada 1254 dan meninggal pada tahun 1324 di Venesia, Italia. Lahir dari keluarga pedagang yang bertempat di Venesia, saat dia lahir ayahnya tidak ada disamping ibunya karena, dia sudah berlayar ke daratan Cina. Saat umur Marco sudah menginjak 16 tahun barulah ayah marco pulang dan mengetauhi istrinya sudah meninggal serta dia juga mengetauhi jika mempunyai seorang anak laki-laki. Pada tahun 1275 untuk pertama kalinya Marco Polo menginjakkan kakinya di daratan Cina. Tanpa diketauhi setelah lama hidup di Cina Marco telah menjadi penasehat militer dari Khan dan menjadi gubernur di salah satu wilayah. 


Di akhir kehidupan Marco Polo menikah dengan seorang perempuan Venesia dan memiliki 3 orang anak dari pernikahan tersebut. Dia juga memiliki pos-pos perdagangan di Venesia. Meskipun Marco Polo melakukan perdangan ke Cina dan kebanyakan orang tahu tentangnya tapi dia bukan pelopor untuk melakukan perdagangan ke Cina.Sejarah mengatakan bahwa dia pernah mengambil kesempatan perang melawan Genoa dan akhirnya dipenjara selama 1 tahun. Setelah keluar dari penjara dia kembali ke tanah airnya yaitu Venesia, Italia. Marco Polo bukan orang yang menjadi pelopor perdagangan ke Cina karena ditemukan bukti bahwa sebelum dia berdagang di Cina, bangsa Romawi sudah pernah menjalin kontak dengan kaisar Cina yang memimpin saat itu. Meskipun bukan pelopor perdagangan ke daratan Cina namun Marco Polo menjadi panutan bangsa Eropa untuk menjalin hubungan baik dengan bangsa Asia.


3. James Cook

James Cook (Dok: Wikipedia)

James Cook lahir pada tanggal 27 Oktober 1728 dan meninggal pada tanggal 14 Februari 1779. Cook sebelum terjunmenjadi pelaut dia adalah seorang pekerja di peternakan Yokshire setelah berusia 17 tahun dia pindah pekerjaan sebagai pekerja magang di perusahaan pelayaran pedagang.  Pada tahun 1755 dia bergabung ke Angkatan Laut Inggris Inggris sebagai pelaut umum sekitar umurnya yang ke 28 dia dinaikkan pangkatnya yang membuatnya bisa memiliki komando atas kapalnya sendiri.

 

Penjelajahan pertama cook dilakukan pada tahun 1768 dengan membawa awak sekitar 100 orang, perjalanan ini dimaksudkan untuk ekspedisi ilmiah di Tahiti. Jika berbicara tentang James Cook pasti tidak terlepas dari kapalnya yang bernama Endevour, ternyata kapal ini juga pernah hampir karam lho sobat. Tepatnya saat menabrak karang di daerah Great Barrier Reef. Pada Perjalanan ketiganya, dia pertama kali menjadi orang barat yang menemukan Hawai, saat mendaratkan kapalnya, suku Hawai menyambutnya sebagai dewa karena suku Hawai belum pernah melihat kapal yang sebesar endevour dan orang kulit putih ditambah lagi saat itu suku Hawai sedang melakukan perayaan untuk dewa kesuburan. Namun setelah beberapa saat disana, kru dari James Cook meninggal karena stroke.

 

Suku Hawai yang awalnya mengira rombongan James Cook sebagai dewa akhirnya menyadari bahwa mereka hanya manusia biasa peristiwa ini membuat ketegangan di antara kedua belah pihak. Suasana menjadi semakin tegang saat salah satu suku Hawai meninggal karena ditembak dengan senapan. Akhirnya James Cook beserta krunya bernegosiasi dengan raja suku Hawai namun hasilnya nihil. Saat ingin kembali ke kapalnya untuk berlabuh pulang, suku Hawai menyerang dan melempari dengan batu ke arah pasukan James Cook, ia melakukan serangan balasan dengan tembakan. Setelah susah payah menghadapi suku dengan jumlah pasukan yang sedikit akhirnya pasukan James Cook sebagian besar kehilangan nyawanya tidak terkecuali James Cook. Dia meninggal karena tikaman pisau berulang kali disertai dengan lemparan batu yang banyak.


4. Ibnu Battuda

Ibnu Battuda (dok: Wikipedia)

Ibnu Battuda adalah seorang yang lahir di Maroko tanggal 24 Februari 1304. Ia mengelana sejauh 120 ribu kilometer, jarak tersebut bukanlah jarak yang dekat pada zaman tersebut. Awal mula dia ingin menjelajahi dunia dimulai pada tahun 1325 untuk pergi haji ke kota Mekkah. Namun setelah menunaikan haji bukanya dia kembali ke kampung halamanya di malah terus melaju mengunjungi banyak kota Islam yang di daerah Arab dengan cara mengikuti karavan yang lewat. Setelah mengunjungi lebih dari 6 negara akhirnya Ibnu Battuda sampai ke delhi pada tahun 1334. Saat di delhi ia mempunyai pekerjaan sebagai hakim pada tahun 1341 Ibnu Battuda diberi tugas untuk berkunjung ke negeri China mendengar kabar itu Ibnu Battuda merasa amat senang akhirnya dia bisa melakukan penjelajahan dunia lagi.


Setelah 4 tahun dia pergi dari India akhirnya sampai juga di daratan China. Setelah dia mengelilingi china akhirnya dia kembali ke kampung halaman pada tahun 1349. Namun saat dia kembali kedua orang tuanya sudah wafat sehingga hal tersebut membuat dia hanya tinggal sementara dan mulai perjalanan lagi untuk menjelajahi dunia saat itu tujuanya ke negara Spanyol. Pada tahun 1354 ia kembali lagi ke kampung halamanya saat kembali ia disuruh sultan di negara terseb untuk  menulis kisahnya perjalananya, penulis dari kisah Ibnu Battuda adalah Ibnu Juzzay.


5. Cheng Ho

Cheng Ho (dok: WIkipedia)

Cheng Ho atau nama aslinya Ma He dari keturunan suku Hui, suku ini minoritas di daerah china dan mayoritas beragam Islam. Pada umurnya yang ke 12 daerah tempat tinggalnya yaitu Yunan diserang oleh Dinasti Ming dan para pemuda ditawan guna dijadikan abdi dari pangeran Zhudi. Setelah pangeran Zhudi naik takhtanya dan mengubah namanya menjadi Kaisar Yong Le saat itu Cheng Ho menawarkan dirinya untuk melakukan ekspedisi ke berbagai wilayah yang akhirnya disetujui oleh kaisar. 


Cheng Ho berangkat menggunakan 307 kapal yang berisi 27.000 anak buah, sangat banyak ya sob kayaknya 1 kecamatan ikut semua deh itu hehe.. pelayaran ekspedisi pertama laksamana Cheng Ho dimulai pada tahun 1405 rutenya ke Asia tenggara mencakup semenanjung malaya, Jawa dan Sumatra. Lalu ekspedisi ke 2 dan ke 3 mencakup wilayah India dan Srilanka. Cheng Ho melakukan pelayaran ekspedisinya selama 7 kali, pelayaran terakhir pada tahun 1431-1433 ke wilayah laut merah.  Selama 7 kali ekspedisinya dia selalu mampir ke Indonesia salah satunya ke kerajaan Samudra Pasai dan memberikan lonceng Cakra Donya ke Sultan Aceh, sampai sekarang lonceng tersebut masih tersimpan rapi. Selain Samudra Pasai Laksamana Cheng Ho juga pernah ke Cirebon dan memberikan benda salah satunya piring yang bertuliskan ayat kursi kepada Sultan Cirebon.


Laksamana Cheng Ho meninggal di Calcuta India pada tahun 1433. Ada kabar jika dia dikuburkan di Semarang lalu rambut serta pakaianya di kembalikan ke China. Jika di China makam dari laksamana Cheng Ho berada di wilayah kota Nanjing. Pelayaran dari Cheng Ho menghasilkan 1 panduan pelayaran yang disebut Zheng He's Navigation Map, dipergunakan selama abad ke 15.



Perjalanan yang mereka lakukan pada zaman dahulu menyebabkan perubahan bagi dunia khusunya perjalanan lewat rute laut. Banyak pencapaian luar biasa yang mereka lakukan sehingga kita bisa berkembang sampai saat ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh




 


Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com