-->

Senin, 22 November 2021

Time Traveller Dalam Peradaban


Asslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Halo Sob, kalian masih ingat nggak sama masa kecil kalian, masa kecil saat bisa maen terus sama temen, main playstation di rental, main sepak bola sampe maghrib, dll. Kalian pasti pernah merasakan ingin kembali ke masa lalu dan menikmati suasana tersebut. Tapi apakah bisa waktu yang sudah kita lewati ini dikembalikan atau diputar kembali ke masa lalu? tentu saja jika dipikir-pikir pasti mustahil bisa mengembalikan waktu tersebut, namun bagaimana kalau kita bisa mengembalikan atau memajukan waktu. Mari sob kita bahas masalah tentang perjalanan waktu atau time traveller. 


Pada tahun 1916 Albert Einstein mengemukakan tentang teori Relativitas, teori ini memiliki arti jika ruang dan waktu itu tidak dapat dipisahkan atau saling terkait. Dia juga mengatakan bahwa alam semesta ini memiliki batas kecepatanya sendiri, yang memiliki arti tidak ada yang bisa melakukan perjalanan lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Kecepatan cahaya sendiri sekitar 186.000 m/s. Sungguh kecepatan yang luar biasa ya sob. Teori ini mengemukakan jika semakin cepat kita menempuh perjalanan maka semakin lambat pula mengalami waktu. Para ilmuan akhirnya melakukan uji coba terhadap teori ini, uji coba tersebut dilakukan dengan cara menaruh 2 buah jam di tempat yang berbeda. Jam A diletakkan di bumi sedangkan jam B diletakkan di pesawat yang melakukan perjalanan mengikuti arah bumi berputar dengan kecepatan 28.000 km/hari. Setelah pesawat mengitari seluruh permukaan bumi para ilmuwan melihat perbandingan 2 buah jam tersebut yang hasilnya Jam B lebih lambat dibandingkan Jam A yang ditaruh di bumi. Lalu bagaimana kalau kita melakukan perjalanan yang melebihi kecepatan cahaya? apakah hal tersebut bisa memutar waktu kembali? sungguh pertanyaan yang menarik ya sob.


Masa lalu dan masa depan, 2 hal ini sama tapi berbeda. Kesaamanya terletak bahwa 2 hal ini berhubungan dengan waktu. Tetapi yang membedakanya adalah masa lalu masa yang sudah kita lewati, masa ini tidak memungkinkan kita kembali karena waktu tidak memiliki hubungan dengan kenyataan. Masa depan adalah waktu yang akan kita jalani jadi mustahil jika kita ke masa depan karena masa depan tidak ada yang tahu alurnya akan seperti apa. 


Beberapa contoh kejadian yang dianggap sebagai adanya penjelajahan waktu.

1. Cuplikan film Caplin tahun 1928



Dari gambar diatas terlihat seorang perempuan yang seperti memegang sesuatu yang ditempel di telinganya. Banyak pendapat bahwa yang dia pegang adalah smartphone, padahal telephon genggam pertama kali ada pada tahun 1973  banyak juga yang mengkaitakan bahwa sebenarnya perempuan itu sedang membenarkan alat pendengar yang dia pakai. Gimana sob pendapat kalian?.

2. Koin Nazi

sumber: kaskus.co.id
Pada koin nazi diatas terdapat tulisan angka 2039, angka ini dianggap banyak orang adalah angka dimana koin tersebut di gunakan. Dengan hal ini koin tersebut bisa jadi dari masa depan dimana saat itu nazi sudah menguasai dunia dan kembali ke masa lalu untuk menggunakan mata uangnya.

3. Tampilan Baju Masa Depan

Gambar diatas memperlihatkan seseorang yang memiliki tampilan baju berbeda dengan kebanyakan orang disekitarnya. Tampilan baju orang itu lebih modern terutama kacamata yang dia pakai. Banyak pendapat mengatakan bahwa dia adalah jhon titor salah satu penjelajah waktu. Dia kembali ke masa lalu karena perintah dari militer untuk mengambil 1 komponen radio pada masa tersebut.


Gimana sob, pembahasan tentang time treveller mungkinkah kita bisa menjelajahi masa lalu dan masa depan semua tersebut hanya sebuah misteri. Namun kalau admin sih nggak pengen ke masa lalu soalnya banyak kenangan pahit hehe..  cukup sekian dulu ya sob.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  






Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

1 comments:

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com