-->

Kamis, 02 Desember 2021

Mirip Bumi? Inilah Penemuan Planet Baru Dalam Sejarah

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo Sob, kali ini kita akan membahas hal unik  dalam luar angkasa mengenai kembaran dari planet kita, apalagi kalau bukan bumi. Dalam sistem tata surya kita planet yang memiliki penghuninya hanya bumi saja dari 8 planet yang ada. Pluto yang dulu masuk ke dalam tata surya kita sekarang sudah dikeluarkan dan menjadi panet kerdil. Luar angkasa yang kita ketauhi adalah tempat yang amat sangat luas hingga kita tidak tahu dimana ujungnya, terdapat ribuan planet atau bahkan lebih di luar sana. 


Seiring kemajuan dari peradan manusia munculah banyak pertanyaan tentang, apakah diluar sana terdapat planet yang memiliki kemiripan dengan planet bumi dan bisa ditinggali selayaknya bumi? pertanyaan itu dijawab para astronom dengan penelitian mereka, tentunya dengan bantuan alat-alat canggih seperti teleskop, dll. Penelitian atau pengamatan dari para astronom tersebut membuahkan hasil. Lalu apa saja planet yang mirip dengan bumi dan kapan tahun kapan astronom menemukan planet itu? Mari kita bahas bersama-sama.


1. Kepler 1649C


Kepler 1649 C (dok: wikipedia)

Kepler 1649 ditemukan pertama kali oleh NASA pada 15 April 2020. Jika dilihat secara sepintas planet ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan bumi, hanya saja lebih besar sekitar 1,6 dari bumi serta cahaya yang masuk kedalam planet kepler sekitar 75% dari cahaya masuk di bumi. Dengan kemiripan tersebut planet ini digadang-gadang adalah planet yang bisa mendukung adanya kehidupan selain planet bumi. Pendapat lain juga berasumsi jika permukaan kepler berupa batu-batuan dan juga memiliki temperatur suhu hampir mirip dengan bumi serta berada di zona goldilock yaitu zona layak huni dimana terdapat air yang cair di permukaanya. Mengenai jaraknya, Kepler 1649 C berjarak sekitar 301 tahun cahaya, sungguh sangat jauh ya sob tidak ada transportasi yang bisa menempuh jarak itu untuk saat ini tapi bukan hal yang mustahil untuk masa depan. Ada juga pendapat lain yang menyatakan bisa jadi planet ini memiliki kehidapan atau peradaban seperti bumi karena planet ini mendukung adanya kehidupan makhluk hidup.

2. Proxima Centauri B

Proxima centauri b (dok:wikipedia)

Proxima Centauri B adalah salah satu planet yang memiliki kemiripan dengan bumi. Planet ini ditemukan pada tanggal 24 Agustus 2016 dengan jarak lebih pendek yaitu sekitar 4 juta tahun cahaya atau sekitar 4 triliun kilometer salah satu planet yang bisa dihuni terdekat dari sistem tata surya kita dengan massa 1,3 kali dari bumi. Planet ini ditemukan dengan cara perhitungan spektroskopi doppler yaitu pengamatan spektrum bintang untuk mendeteksi adanya tanda "goyangan" bintang yang disebabkan oleh pengaruh gravitasi dari planet yang mengorbitnya. Penunjang kehidupan juga ditemukan di planet ini seperti dengan air, atmosfer yang mirip bumi, cahaya yang mirip matahari dan iklim yang mirip dengan bumi.

3. Kepler 452B

Kepler 452 b (dok: wikipedia)

Planet Kepler 452 B adalah sebuah planet super dengan ukuran lebih besar daripada bumi, massanya sekitar  5 kali lipat dari bumi dengan permukaan tanah bebatuan. Massa yang lebih besar ini menimbulkan gravitasi 2 kali lipat dari bumi jadi, kita akan sedikit kesusahan jika berada disana. Radius yang dimiliki Kepler 452 B adalah 50 lebih besar dari bumi, suhu permukaanya sedikit lebih panas dikarenakan planet ini mendapatkan 10% lebih banyak cahaya dari planet induknya. Planet ini memiliki banyak  aspek kesamaan seperti bumi hanya saja ukuranya yang lebih besar, terdapat juga spekulasi bahwa banyak gunung yang aktif di dalamnya disebabkan massa dan kepadatan yang lebih besar. NASA mempublikasi Kepler 452 ke masa pada 23 juli 2015, untuk jaraknya dari bumi sekitar 1.403 tahun cahaya.

4. Kepler 22B


Kepler 22 B adalah sebuah eksoplanet yang berada di zona goldilock atau zona layak huni. Nasa mengumumkan penemuan planet ini pada tanggal 5 Desember 2011. Penemuan planet ini menggunkan alat teleskop luar angkasa kepler, diketauhi jarak kepler 22 b dari bumi sekitar 600 tahun cahaya dan jarak planet ini dari orbit bintangnya yaitu bintang tipe -G sekitar 15% lebih kecil daripada jarak bumi ke matahari. Kepler 22 B memiliki massa 13,8 kali dari bumi sementara gravitasinya 2,4 lebih besar dari bumi. Jari-jari planet ini memiliki sedikit perbedaan dari bumi yaitu 2,4 kali jari-jari bumi.

5. Kepler 62F

Ilustrasi kepler 62 f (dok: wikipedia)
 
Planet Kepler 62 F ditemukan oleh alat kepler teleskop pada tahun 2013 yang kemudian dikonfirmasi keberadaanya pada tahun 2016. Jarak dari kepler 62 F dari bumi sekitar 1200 tahun cahaya berada di rasi bintang lyra, penemuan planet ini menggunkan metode transit yaitu dimana melihat tingkat keredupan sebuah bintang saat planet melintas didepanya dengan melihat cahaya yang dibelokkan dari planet tersebut. Radius yang dimilki sebesar 1,4 kali dari bumi dan massanya sekitar 2,8 kali dari bumi. Orbit dari Kepler 62 F adalah sebuah bintang kerdil yang suhunya dibawah dari suhu matahari sedangkan dalam penyelesaian orbitnya kepler 62 F membutuhkan 267 hari, untungnya kepler 62 F berada di zona goldilock. Menurut pendapat ahli planet ini memiliki sumber air yang banyak yang bisa mendukung kehidupan, awal mula bumi dibentuk juga seperti itu, memiliki banyak perairan dan akhirnya tercipta daratan. 

6. Kepler 62E

Ilustrasi kepler 62e (dok: wikipedia)

Kepler 62e adalah planet yang bersebelahan dan masih satu tata surya dengan kepler 62f diatas. Hanya memiliki sedikit perbedaan dari kerabatnya yaitu kepler 62f. Ukuran dari planet ini sekitar 60% dari bumi, dalam hal penyelesaian orbit nya membutuhkan waktu skitar 122 hari berbeda dengan bumi yang membutuhkan 365 hari. Jumlah awan di sini lebih banyak dibanding dari planet bumi namun, untuk daerah kutubnya memiliki langit berawan dan cenderung hangat.




Sebenarnya masih banyak planet yang memiliki kemiripan dengan bumi, namun disini admin hanya menampilkan 6 buah planet saja karena keenam planet inilah yang menurut admin cenderung memiliki kemiripan dengan bumi entah itu dalam hal penyelesaian orbit, massa planet,ketersediaan air, permukaan tanah , atmosfer maupun suhu dan iklim. Dengan kemjauan teknologi semoga kedepanya astronom dan peneliti bisa menemukan lagi "saudara" bumi yang berada di luasnya antariksa sana.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.






Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com