-->

Sabtu, 11 Desember 2021

Negara Yang Memiliki Hukum Teraneh Dalam Peradaban

Hukum


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Hukum adalah suatu peraturan yang dibuat dengan tujuan untuk menjaga tingkah laku manusia, jika melanggarnya akan dikenakan sanksi dan hukuman. Pembahasan tentang hukum tentunya menjadi pembahasan menarik karena biasanya kita mengetauhi bahwa hukum itu terbuat dari kondisi sosial masyarakat dan permasalahan yang sering muncul di negara atau daerah tersebut. Tapi bagaimana jika suatu negara menerapkan sistem hukum atau peraturan berbeda dari kebanyakan peraturan yang ada, tentunya masyarakan menganggap bahwa peraturan atau hukum tersebut unik atau aneh. Mari sob kita bahas negara mana saja yang memiliki hukum atau peraturan teraneh dalam sejarah dunia.


1. Australia

Kentang
Kentang (dok: pixabay)

Di Negara Australia dilarang seseorang memiliki kentang yang melebihi 50 Kg, jika sobat memiliki kentang dari 50 Kg maka sobat akan di denda uang hingga $200 atau sekitar lebih dari 2 juta rupiah, woow banyak ya sob dendanya cuma karena memiliki kentang yang banyak. Hal ini disebabkan karena jangan sampai terdapat orang yang bisa membeli kentang, mempunyai kentang banyak sehingga orang yang kurang mampu tidak bisa membelinya karena sudah diborong dan dijual dengan harga tinggi oleh orang yang mampu memebeli kentang.


2. Barcelona, Spanyol

Ilustrasi bertelanjang dada
Ilustrasi bertelanjang dada (dok: idntimes.com)

Wilayah ini melarang orang yang bertelanjang dada dan berpakainan bikini berjalan jalan di area terbuka kecuali di pantai atau kolam renang, ini bertujuan untuk menghindarkan jalan-jalan Barcelona bebas dari orang bertelanjang dada dan perempuan yang hanya memakai bikini saja. Denda bagi pelanggar peraturan ini adalah sekitar € 260 atau sekitar lebih dari 4 juta rupiah, jangan sampai telanjang dad ya sob di daerah Barcelona kasihan uangnya bisa buat hp baru ehh malah kena denda hehehe… Peraturan tersebut sudah ditetapkan pada tahun 2011 lalu.


3. Yunani

Ilustrasi sepatu high heels
Ilustrasi sepatu high heels (dok: pixabay)

Negara dengan sejuta macam sejarahnya ini ternyata juga menerapkan peraturan unik, yaitu dilarang menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels di tempat monument kuno atau tempat bersejarah, peraturan ini sudah ada sejak tahun 2009, alasanya supaya lantai di tempat bersejarah tetap terjaga dan tidak mengalami keausan. Jadi jangan coba-coba ya sob urusanya nanti panjang.


4. Roma, Italia

Ilustrasi orang berjalan-jalan dengan anjing
Ilustrasi orang berjalan-jalan dengan anjing (dok: pixabay)

Jika kalian bermukim di ibu kota Italia yaitu roma, sobat yang mempunyai peliharaan anjing harus membawanya jalan-jalan keluar rumah setiap hari, bukan hanya itu saja jika sobat memiliki peliharaan ikan, sobat dilarang menaruhnya di aquarium yang bentuknya bulat alasanya karena hal tersebut akan mebuat ikan tidak leluasa saat berenang jadi, alangkah baiknya untuk menggunakan aquarium yang ukuranya besar. Jika sobat melanggar peraturan ini maka siap-siap terkena denda sekitar $700 atau sekitar 10 juta rupiah.


5. Uni Emirat Arab


Negara ini memiliki peraturan unik yaitu dilarang bersumpah, bersumpah disini dengan isyarat kasar ya sob serta dengan kata-kata kasar dan keras. Bagi kalian yang berlibur ke Uni Emirat Arab lebih baik dijaga ya sob tutur katanya. Hal tersebut juga diatur dalam KUHP UEA,berdasarkan Pasal 373 KUHP UEA, "mengumpat mempermalukan kehormatan atau kerendahan hati seseorang."


6. Swiss

Ilustrasi Siram Toilet
Ilustrasi siram toilet (dok: liputan6.com)


SIapa nih sob yang sering sakit perut kalo malam hari hehehe.. usahain kalau di swiss BAB nya sebelum jam 10 malem ya, karena peraturan di negara ini melarang menyiram toilet setelah jam 10 malam karena dianggap sebagai polusi suara.


7. Moskow, Rusia

Ilustrasi membersihkan mobil
Ilustrasi membersihkan mobil (dok: pixabay)

Wilayah ini memiliki peraturan unik sob, dimana setiap mobil yang lewat dijalanan moskow haruslah bersih, jadi sobat tidak diperbolehkan menaiki kendaraan yang masih kotor. Maksud kata “kotor” disini berdefinisi bahwa mobil termasuk kotor bila tidak bisa melihat plat nomor kendaraan. Ini juga mempermudah polisi setempat jika terdapat pelanggaran lalu lintas plat nomor dari mobil yang bersih bisa dilihat dengan jelas.


8. Denmark

Ilustrasi menyalakan lampu mobil
Ilustrasi menyalakan lampu mobil (dok: pixabay)

Masih berhubungan dengan kendaraan roda empat, Denmark mempunyai peraturan dimana saat kita mengendarai mobil, lampu mobil haruslah menyala walaupun dalam saat siang hari. Alasanya supaya pengendara mobil bisa membedakan dengan mobil yang diparkir. Pengemudi akan mengetauhi situasi disekitar saat lampu mobil lain mati atau nyala sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.


9. Venesia, Italia

Ilustrasi menyalakan lampu mobil
Memberi makan merpati (dok: pixabay)

Di Venesia, Italia kita dilarang memberi makanan kepada burung merpati yang ada disana, karena jika itu dilakukan maka kotoran burung merpati akan mengotori bangunan disekitarnya, juga jika kita memberi makan burung merpati dengan tidak sengaja kita juga telah mengotori tempat tersebut. Denda bagi pelanggar peraturan tersebut sekitar $600 tapi biasanya berkurang menjadi $50-60 jika dibayar secara langsung saat itu juga.


10. Singapura


Ilustrasi sampah permen karet (dok: pixabay)

Negara tetangga kita yaitu Sigapura juga memiliki hukum yang aneh, dimana kita tidak boleh mengunyah dan menjual permen karet disana. Peraturan ini sebenarnya sudah dipberlakukan pada tahun 1992, peraturan ini dibuat karena pada tahun 1980 Siapura menghabiskan banyak dana untuk membersihkan sampah bekas permen karet yang menempel di berbagai tempat. Jadi kalua kalian kesini jangan sampai ngunyah permen karet ya sob. Denda yang diberikan juga tidak main-main pemerintah akan memberikan dendaberjumlah hampir 100 juta rupiah. Wahh fantastis ya sob nilainya


Jadi Itulah hukum atau peraturan teraneh negara dalam peradaban, negara-negara tersebut memiliki alasanya masing-masing untuk membuat peraturan yang dianggap orang lain itu aneh atau unik. Kalau berkunjung ke wilayah manapun kita sebaiknya tetap menaati peraturan yang ada disana ya sob.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

1 comments:

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com