-->

Minggu, 05 Desember 2021

Penjajahan Negara Terlama Lebih Dari 200 Tahun

 


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Penjajahan adalah dimana suatu negara menguasai negara lain dan mengambil sumber daya negara tersebut namun masih menjalin hubungan dengan negara yang dijajah. Tentunya kita sendiri sudah tidak asing lagi dengan kata-kata penjajahan karena negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia pernah mengalami penjajahan dari Belanda selama 350 tahun, itulah yang dikatakan dalam sejarah. Namun banyak yang berpendapat bahwa penjajahan Belanda tidak sampai 350 tahun. 350 tahun disini mungkin dihitung dari awal mula Belanda datang ke Indonesia. Indonesia juga pernah dijajah oleh negara lain selain Belanda, diantaranya Portugis, Spanyol, Belanda, Perancis, Inggris, Jepang. 

Banyak negara di dunia ini yang pernah mengalami nasib yang sama dengan Indonesia. Entah itu dijajah guna kepentingan ekonomi seperti mencari rempah-rempah atau hal lainya. Penjajahan yang dilakukan bangsa lain tidak sebatas satu atau dua tahun saja bahkan, bisa sampai selama beberapa ratus tahun.  Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang negara-negara yang masa penjajahnya terlama bahkan lebih dari 200 tahun. Disini Sistem Peradaban akan menghitung mulai penjajahanya ketika satu negara lain mulai memasuki negara tersebut dan mengusainya .


1. India 

(dok: republika.co.id)

Negara yang terkenal akan Bollywoodnya ini dulu pernah mengalami penjajahan oleh negara Inggris, Inggris pertama kali masuk ke India pada tahun 1600-an. Ditandai saat kedatangan British East India Company yang awalnya berniat untuk perdagangan namun, lambat laut kekuatan mereka semakin besar dan akhirnya pada tahun 1757 Inggris mengumumkan secara resmi menjajah negara tersebut, tahun 1858 perusahaan British East India Company diambil alih oleh Negara Inggris. Banyak kejadian yang tidak mengenakkan saat Inggris menjajah mulai dari ketidakadilan hukum yang lebih memihak kepada warga Inggris, Kelangsungan hidup rendah karena ketidakadilan hukum, Kelaparan melanda di setiap penjuru India, menaikan pajak 50 persen jika panen mengalami kegagalan maka dinaikkan sampai 60 persen ini membuat  masyarakat India mengalami kelaparan parah padahal dulu sebelum Inggris datang pajak yang dikasih ke petani hanya 10 sampai 15 persen dan jika saat musim kemarau gagal pajak ditiadakan.

Keadaan juga diperburuk saat Inggris menerapkan kebijakan "devide and rule" arti dari kebijakan ini yaitu untuk memecah belah masyarakat India dengan perbedaan agama antara agama Islam dan Hindu yang ada pada saat itu, dampak dari kebijakan tersebut masih bisa dirasakan sampai saat ini. Sungguh perbuatan adu domba yang kejam ya sob dari pihak Inggris. Dalam aspek pendidikan, Inggris membuat sekolah bahasa hanya digunakan semata-mata guna kepentingan perusahaan British East India Company. Jika di total keseluruhan dari tahun datangnya Inggris sampai kemerdekaan India pada tahun 1947 maka hasilnya India mulai dijajah kurang lebih selama 300 tahun .

2. Timor Leste

Penjajahan Timor Leste
Ilustrasi penjajahan timor leste (dok: Tirto.id)

Timor Leste, negara yang pernah bergabung ke Indonesia dan berpisah pada tahun 1999 demi kemerdekaanya sendiri juga pernah mengalami pahitnya penjajahan dari bangsa portugal. Dalam catatan sejarah, Portugal mulai menjajah Timor leste pada abad ke 16 atau sekitar tahun 1500-an sampai tahun 1975 saat partai Fretilin mengumandangkan kemerdekaan secara sepihak, namun setahun kemudian Timor Leste bergabung ke Indonesia. Pada tahun 1800 Portugal dan Belanda sering mengalami bentokran dalam hal klaim wilayah Timor Leste. Akhirnya pada tahun 1985 bagian barat Timor Leste diberikan kepada Belanda. Jika di lihat lagi sNegara Timor Leste sudah pernah dijajah oleh Portugal kurang lebih selama 400 tahun lebih.


 3. Kepulauan Salomon

Kepulauan Salomon adalah sebuah negara kepulauan sama seperti Indonesia, letak dari negara ini berada di sebelah utara dari Papua Nugini dan termasuk negara persemakmuran dan masih mengakui Ratu Elizabeth II sebagai kepala negaranya. Negara ini pernah dijajah oleh Inggris pada tahun 1767 saat penjelajah Inggris bernama Philip Carteret menemukan 2 pulau yaitu Santa Cruz dan Malaita. Kemudian penjelajah seperti Belanda,Prancis, dan Inggris berdatangan kesana. Kepulauan Salomon mendapat kemerdekaanya pada tahun 1978.

4. Suriname

Suku Jawa Suriname
Suku Suriname Jawa

Suriname merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan, bagian setalnya berbatasan dengan negara Brasil. Kedudukan Belanda berlangsung sekitar tahun 1667 saat Inggris menandatangani perjanjian Breda pada 31 Juli 1667 (kalender gregorian) tetapi banyak kejadian yang membuat Inggris kembali merebut Suriname dan akhirnya dikembalikan lagi ke Belanda. Pada tahun 1 Juli 1863 Suriname mengalami krisis ekonomi yang buruk sehingga pada tahun 1870 Belanda dan Inggris melakukan perjanjian untuk mendatangkan imigran dari berbagai wilayah salah satunya dari Indonesia tepatnya suku jawa dan Negara India. Imigran dari suku jawa didatangkan Belanda pada tahun 1890-1939. Kemerdekaan Negara Suriname dikumandangkan pada tahun 1975. Jika di total Maka Suriname telah dijajah Belanda sekitar kurang lebih 300 tahun.

5. Ghana

Ghana merupakan negara di bagian Afrika Barat dan berbatasan dengan Pantai Gading disebelah baratnya. Pada tahun 1598 Belanda mulai datang ke negara ini yang sudah ditempati Portugal, akhirnya pada tahun 1637 Belanda berhasil merebut wilayah yang dikuasi oleh Portugal. Belanda menguasai negara ini mulai dari tahun 1637 sampai pada tahun  1874. Setelah tahun tersebut lewat Inggrislah yang menjadi penguasa negara itu sampai tahun kemerdekaanya yaitu tahun 1967. Jika dihitung saat Belanda masuk ke Ghana maka sudah 250 tahun lebih Belanda menguasai tempat tersebut.



Itulah pembahasan negara yang dijajah terlama oleh negara lain menurut sistem peradaban. Kita sebagai generasi penerus masa depan bisa menjadikan sejarah masa lalu yang kelam sebagai pembelajaran seperti contohnya Negara Jepang yang tidak memberi tahu masyarakatnya kalau negara mereka pernah menjajah Indonesia karena Jepang tidak ingin generasi penerusnya mengetauhi kekejian dan kebiadaban negara tersebut saat masa lalu. Seperti dalam pembukaan UUD 1945 yaitu, Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Jika sobat memiliki saran negara-negara lain yang masa penjajahanya memiliki waktu lebih dari 200 tahun bisa comment ya sob.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.





Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com