-->

Jumat, 31 Desember 2021

Sejarah Korupsi Terbesar Yang Pernah Ada

 

Ilustrasi Korupsi

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Sejarah Korupsi Terbesar Yang Pernah Ada – Tindakan memperkaya diri dengan menyalahgunakan kekuasaan atau jabatan bisanya disebut korupsi. Korupsi merupakan tindakan yang merugikan negara dan jug masyarakat, karena uang atau barang berharga yang semestinya digunakan untuk pembangunan insfratuktur masyrakat malah digunakan sebagai alat memperkaya diri. Banyak negara di dunia sudah memberlakukan ketegasan hukum guna menghukum seseorang jika melakukan korupsi terhadap negara. Pemberian hukuman mulai dari dipenjara, dimiskinkan bahkan sampai pemberlakuan hukuman mati. Ini berguna untuk memberikan efek jera dan penanggulangan kepada mereka yang memiliki niat untuk korupsi, ternyata korupsi sudah marak dilakukan dari zaman dahulu sampai sekarang. Inilah sejarah kasus korupsi terbesar yang pernah ada sampai sekarang.


1. Korupsi Perdana Menteri Kekaisaran Manchuria


Heshen

Korupsi ini merupakan salah satu korupsi terbesar dalam sejarah masa lalu. Kejadianya bermula saat kaisar Dinasti Qing di Tiongkok memilih perdana menterinya. Dinasti Qing pada saat itu merupakan puncak kejayaanya karena dipimpin oleh Kaisar Qianlong yang memiliki kepintaran serta bakat luar biasa ,kaisar ini adalah anak dari kaisar Yongzheng dam merupakan  kaisar ke 6 setelah ayahnya. Pada saat Kaisar Qianlong menjabatt dia mempunyai 3 orang kepercayaan yaitu Fuheng, Heshen, dan Xi Xiolan. Diantara ketiga orang tersebut yang melakukan perbuatan korupsi adalah Heshen, seorang perdana Menteri Keuangan di kekaisaran Manchuria, dikatakan dalah sejarah Heshen telah melakukan korupsi dengan jumlahnya sama dengan lebih dari 10 tahun pemasukan negara tersebut, wahhh sangat banyak ya sob apalagi saat itu dinasti qing pada masa jayanya. Bahkan dia sampai memasukkan orang-orang kepercayaanya yang korup kedalam struktur pemerintahan.


Tapi mengapa Heshen tidak dihukum dan ditangkap? Dia tidak ditangkap karena perbuatan korupsinya dilakukan secara terstruktur juga dia memanfaatkan kedekatannya dengan Kaisar Qianlong. Setetelah meninggalnya Kaisar Qianlong maka perjalan korupsinya juga harus berhenti. Anak dari Kaisar Qianlong yaitu Kaisar Jiaqing akhirnya menangkap Heshen setelah 1 minggu meninggalnya Kaisar Qianlong. Hukuman kepada Heshen mulanya dengan “Lingchi” disayat sampai meninggal, namun karena banyak desakan oleh banyak orang dikarenakan bahwa heshen sudah berkontribusi besar dalam perkembangan dinasi maka dia dihukum dengan cara bunuh diri. Kehancuran dinasti ini, salah satunya disebabkan perbuatan korupsi perdana Menteri Heshen.


2. Korupsi Ferdiand Marcos Sebagai Presiden Filiphina


Ferdinand Marcos
Ferdinand Marcos (dok: id.wikipedia.org)

Ferdinand Marcos, presiden ke 10 Filiphina ini diketauhi telah menjabat di kursi presiden kurang lebih 20 tahun sejak tahun 1965-1986. Namun pada tahun 1986 dia diturunkan oleh rakyatnya dengan terjadinya revolusi edsa di Filiphina. Setelah turunya dari jabatan, Marcos lari negaranya menuju ke hawai, dia dituding telah menggelapkan uang negara dan pinjaman uang luar negeri demi kepuasaanya sendiri, bahkan isterinya mengoleksi setidaknya 2.500 sepatu, penggelapan dana yang dia lakukan sebesar sekitar $5-10 miliyar amerika serikat, jika dikalkulasikan ke rupiah sekitar 45-91 triliun rupiah. Wahh sob kalo ini sih harus dihukum seberat-beratnya ya, tpi sayangnya dia meninggal sebelum hukum memproses hukumanya. DIa meninggal di Honolulu karena penyakit ginjal, paru-paru serta jantung pada usia menginjak ke- 72 tahun.


3. Korupsi Sani Abacha


Sani Abacha

Kasus korupsi Sani Abacha merupakan salah satu kasus korupsi terbesar dari jajaran presiden di seluruh dunia. Sani Abcha adalah seorang presiden yang menjabat mulai dari tahun 1993 sampai 1998. Sejarah mencatat uang yang dikorupsinya dari negara Nigeria mencapai sekitar US$5 miliar jika diubah ke rupiah sekitar 45 triliun rupiah serupa dengan 10% pendapat minyak dari negara Nigeria kala itu dalam 5 tahun pemerintahanya. Sani Abacha belum sempat menerima hukuman bagi pelanggaran korupsi dan HAM, karena dia meninggal sebelum dijatuhi hukuman pada tahun 1998 di umur ke 54 tahun. Bahkan saat ketika meninggal, proses otopsi tubuh tidak menyentuhnya sama sekali. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan public apakah dia meninggal karena diracun atau ada hal lain yang tersembunyi dibalik kematianya.


4. Korupsi Viktor Yanukovych


Viktor Yanukovych (112.internationa)
Viktor Yanukovych (dok: 112.international)

Viktor Yanukovych merupakan mantan presiden dari negara Ukraina, dia diangkat menjadi presiden pada tahun 2010 lalu. Namun jabatan yang dia duduki tersebut tidak berlangsung lama, karena pada tahun 2014 silam Ukraina terjadi kerusuhan sipil mengakibatkan lebih dari 100 nyawa menghilang, dia melarikan diri ke negara Rusia. Dalam masa pelarianya Yanukovych meninggalkan jejak bukti berupa dokumen yang berisi tentang penyedotan dana public Ukraina demi kepentinganya sendiri. Setelah kejadian ini tepatnya 3 tahun setelah kerusuhan sipil, pengadilan Ukraina memutuskan vonis bersalah kepada Viktor Yanukovych atas penghianatan tingkat tinggi dengan hukuman 13 tahun penjara. Korupsi yang dilakukan Yanukovych dengan rekening bank swedia sekitar US$3,7 juta pada tahun 2011, transaksi yang dilakukan sebanyak 2 kali pada tahun 2007 dan 2014 dengan nilai total US$18 juta.


5. Korupsi Mobutu Sese Seko


Mobutu Sese Seko
Mobutu Sese Seko (dok:id.wikipedia.org) 

 
Mantan presiden dari negara Kongo ini terkenal akan perbuatan korupsinya, dia menduduki jabatan presiden sejak tahun 1965-1997. Kala itu saat Kongo dipimpin oleh Mobutu dikatakan menjadi negara yang diktator. Hal ini terlihat ketika dia melarang rakyatnya memiliki topi macan tutul seperti miliknya dan masih banyak lagi peraturan-peraturan yang menyengsarakan rakyatnya sendiri. Mobutu bahkan sering menyalahgunakan uang bantuan dari bank dunia demi memperkaya dirinya. Penyalahgunaan uang tersebut sekitar 12 miliar rupiah saat dia menjabat presiden selama 32 tahun. Sampai saat ini total dari penyalahgunaan uang negara olehnya sekitar 212 triliun rupiah. Akhirnya pada tahun 1997 dia meninggal dalam pengasingan di umur 67 tahun.

Itulah sejarah kasus korupsi terbesar yang pernah menimpa dunia ini. Sebagai masyarakat kita tetap harus memilih pemimpin yang benar agar tidak terjadi lagi kasus-kasus seperti ini. Karena jika korupsi terus-terusan berlanjut bukan hanya 1 orang saja yang terdampak namun bisa sampai semua masyarakat di negara atau wilayah tersebut yang terkena imbasnya. Hukuman bagi korupstor harus diperberat dan para penegak hukum harus adil dalam mengadili perkara korupsi ini agar menjadi efek jera bagi orang lain yang ingin melakuakan korupsi.

 

Sekian, terimakasih

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com