-->

Sabtu, 29 Januari 2022

Inilah Macam Transportasi Tradisional di Penjuru Dunia


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Transportasi Tradisional di Seluruh Dunia Yang Perlu Kamu Tahu - Setiap kita berpergian kemanapun tempat tentunya membutuhkan yang namanya transportasi ya sob. Transportasi merupakan suatu perpindahan manusia ataupun barang dari satu tempat ke tempat lainya menggunakan perantara kendaraan yang digerakkan oleh tenaga manusia maupun mesin. Bukan hal aneh jika setiap negara di dunia ini memiliki moda transportasi unik yang dipakai untuk bepergian bahkan sampai sekarang pun masih eksis, malahan mengundang rasa penasaran dari warga turis asing.


Transportasi tradisional di Indonesia pun juga terdapat beberapa yang unik dan menarik. Kebanyakan di Indonesia berupatransportasi tradisional darat karena meskipun negara kita kepulauan namun dalam beraktivitas lebih banyak di daratan bukan menyebrang antar pulau. Transportasi tradisional juga memiliki manfaatnya tersendiri, meskipun digerakkan denan tenaga manusia atau hewan tapi hal tersebut dapat mengurangi polusi udara yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor. Kendaraan Tradisional biasanya identik dengan tenaga manusia ataupn hewan.


Tetapi ada juga beberapa kendaraan tradisional yang digerakkan oleh tenaga mesin, jenis kendaraan seperti ini munculnya saat manusia sudah memahami konsep mesin dan listrik, penemuan dari tenaga listrik ditemukan oleh Ilmuwan Inggris bernama William Gilbert. Sekarang alat transportasi sudah tenaga manusia jarang digunakan di jalanan, meskipun ada jumlahnya sedikit. Kebanyakan beroprasi di tempat-tempat wisata. Hal ini dilakukan agar jalanan tidak terganggu, karena kendaraan dengan tenaga manual dapat menghambat atau membuat macet jalanan. Baiklah sob setelah sedikit pemaparan diatas mari kita langsung saja membahas tentang Transportasi Tradisional di Seluruh Dunia Yang Perlu Kamu Tahu langsung saja let’s goo.


1. Jinrikisha, Transportasi Tradisional Jepang


Jepang ternyata memiliki kendaraan yang bentuknya unik, salah satunya kendaraan bernama Jinrikisha dalam bahasa jepang atau bisa juga disebut dengan Rickshaw. Penggunaan transportasi ini sudah digunakan sejak masa Meiji, sekitar pada tahun 1868 di Jepang. Bentuk dari kendaraan tersebut mirip sebuah becak namun, jika becak di Indonesia dikayuh menggunakan kaki, berbeda halnya dengan Jinrikisha.


Kendaraan ini bergerak dengan cara ditarik oleh seseorang menggunakan tubuhnya sendiri. Sayangnya sekarang Jinrikisha hanya beropasi untuk dijadikan sebagai kendaraan wisata saja nih sob, jadinya kita tidak akan melihat lagi Jinrikisha digunakan sebagai transportasi umum. Layaknya becak di Indonesia, dulu saat ingin menggunakan jasa kendaraan ini harus melakukan tawar menawar dulu sob.


Kalian pasti bertanya-tanya kenpa namanya Jinrikisha, jadi Jinrikisha diambil dari kosa kata Jin yang artinya manusia dan Rika memiliki arti tenaga. Jika kalian ingin menaiki kendaraan ini bisa berlibur ke Kuil Asakusa di Tokyo atau di Arashimaya, Kyoto, nanti kalian akan diajak jalan-jalanmenggunaka Jinriskisha menyusuri daerah tersebut.


2. Gondola, Transportasi Tradisioanl Italia


Gondola merupakan alat transportasi unik dan tradisional yang dimiliki oleh Negara Italia, lebih tepatnya di kota Venesia ya sob. Bahkan gondola sudah menjadi transportasi ikonik selama berabad-abad di tempat tersebut dan dunia pun juga mengetauhinya. Perahu gondola masih digerakkan oleh manusia ya sob, mereka yang menggerakkan gondola diberi nama gondolier,mereka menggerakan gondola menggunakan dayung besar serta panjang.


Terdapat fakta unik ini sob, jika kalian ingin menjadi gondolier, kalian harus lahir dan besar di wilayah Venesia. Pembuatan gondola tidak asal-asalan ya sob karena pembuatanya menggunakan 8 jenis kayu berbeda dan setelah jadi perahu harus dicat menggunakan warna hitam.


3. Delma, Transportasi Tradisional Indonesia


Siapa sih yang nggak tahu dengan tranportasi tradisional miliki negara kita ini. Tentunya kalian sudah pernah mendengar, melihat ataupun pernah juga menaiki kendaraan ini, mimin dulu waktu kecil sering lho sob menaiki kendaraan  tradisional ini. Delman bergerak menggunakan tenaga hewan, yaitu hewan kuda. Si kuda akan dipasangi seperti penutup mata di sekitar matanya, hal ini berfungsi agar pandangan dari kuda tersebut terus mengarah kedepan.


Untuk mengontrol arah gerak kuda harus mempunyai keahlian tersendiri ya sob, karena jika asal-asalan kuda akan bergerak tak tentu arah. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan bagi para penumpangnya. Semakin majunya negara kita, delman sudah jarang kita temui di jalanan karena sudah banyaknya kendaraan bermototr berlalu Lalang setiap harinya. Tapi tenang saja sob, kalian bisa tetap mencoba meniki delman di tempat wisata atau jalanan yang sduah diberikan izizn dari pemerintah bahawa delman boleh melintasi jalanan tersebut, seperti halnya di kota Yogyakarta.


Sekian,terimakasih


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dalam blog ini kita sama-sama akan mengulas perbedaan budaya dan interaksi sosial antar satu negara dan negara lain, keberbedaan tersebutlah yang menarik untuk kita semua ketauhi. Dalam arus peradaban yang semakin maju akankah budaya di negara luar sana dan budaya dalam negeri bisa mempertahankan eksistansinya?.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Email :

wahyuadjin17@gmail.com